-->

Rabu, 13 Februari 2013

ANJURAN MENGKONSUMSI MADU DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST


Siapa yang tidak mengenal madu? cairan ajaib yang berkhasiat ini telah dikonsumsi oleh milyaran bahkan triliyunan orang yang ada di muka bumi ini. Mulai dari ribuan tahun yang lalu sampai sekarang. Para pakar medis pun mengakui madu sangat bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Tentu saja hal ini juga diperkuat dengan direkomendasikannya madu sebagai penawar berbagai macam penyakit sperti yang tertera di dalam Al-Qur'an dan beberapa hadist Nabi SAW :
  • QS. An-Nahl: 69 "Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."
  • dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, "bahwa seseorang datang kepada Nabi SAW, dan mengadu, “Wahai Rasulullah, saudaraku terkena diare. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Minumkanlah madu kepadanya”. Orang itupun kemudian meminumkan madu kepada saudaranya. Akan tetapi, ia kemudian datang lagi kepada Nabi dan mengadu untuk kedua kalinya, “wahai Rasulullah, aku sudah meminumkan madu kepadanya, tetapi diarenya justru semakin parah”. Nabi SAW pun bersabda lagi, “Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya”. Orang tersebut pun lantas meminumkan madu lagi kepada saudaranya itu. Ia pun kembali datang mengadu, “wahai Rasulullah, minum madu justru semakin memperparah diarenya”. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Maha benar Allah dan telah berdusta perut saudaramu. Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya”. Orang tersebut lantas pergi, dan meminumkan madu kepada saudaranya. dan tak lama kemudian, saudaranya itu pun sembuh". HR Bukhari Muslim
  • Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi mengatakan, “Rasulullah SAW biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong”.
  • Rasulullah SAW bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu)
  • Dari Aisyah ra, "Nabi saw, amat gemar pada makanan yang manis-manis dan madu" (HR Bukhari)
  • Dari Ibnu Abbas R.A. dari Rasulullah S.A.W. : ”Kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal : berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu”. HR. Shahih Bukhari
Maha suci Allah atas segala apa-apa yang diciptakan-NYA tidak pernah sia-sia. Pernyataan madu dalam Qur'an dan beberapa hadist Nabi SAW seperti yang tertulis di atas sekaligus menepis keraguan orang tentang keajaiban madu yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Maka dari itu madu merupakan makanan & minuman yang paling tepat dan sangat di rekomendasikan untuk memelihara kesehatan tubuh kita dan juga sebagai alternatif alami untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar